Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 9
Pengunjung Bulan ini : 22
Total Pengunjung : 493

Nagari Batu Taba Ikut Festival Pesona Budaya Tanah Datar 2017

Tanggal : 30 Nov 2017 00:00 Wib



 

 

      Ny. Mufida Jusuf Kalla membuka Festival Pesona Budaya Minangkabau dengan memukul Gong di Istano Basa Pagàruyung


        Di meriahkan oleh iring2an/arakan Jamba, dimana ribuan jamba yang dibawa oleh 1.125 bundo kandung dari 75 nagari 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar.
        Bundo kanduang dengan pakaian basiba membawa jamba yang ditutup kain khusus yang berwarna merah dengan motif  khas Minangkabau dari benang keemasan-emasan, menjadi sebuah pemandangan yang mempesona. Apalagi saat diterpa sinar matahari, serasa melihat liukan ular naga berkulit keemasan memamerkan kekuatannya.
     Nagari Batu Taba dalam menjunjung Jamba punya ke unikan sendiri (ciri khas),kata Wali Nagari Batu Taba,Destriyanto.Nagari Batu taba, jamba nya tidak seperti nagari yang lain,Nagari Batu Taba jamba nya tidak memakai tutup kain khusus itu,Kata Wali Nagari Batu Taba mungkin di even2 selanjutya akan ada perubahan lagi demi ke unikan tak perlu mempertahankan ciri khas,katanya.

 

  

      Jamba yang ditarok di atas kepala tidaklah kosong belaka, melainkan berisi nasi dan lauk untuk hidangan tamu undangan festival budaya.

Sudah menjadi tradisi di Minangkabau termasuk Tanah Datar membawa jamba untuk acara tertentu, walaupun beratnya kira-kira 3 kg karena sudah terbiasa tidak menjadi persolan.

 

Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan adanya 1.125 jamba yang dibawa bundo kandung ini melambangkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan pelaksanaan acara adat dan budaya Minangkabau. Ungkapan syukur ini diwujudkan dengan membawa jamba dari masing-masing nagari sebagai bentuk rasa kekeluargaan dan rasa kegotongroyongan yang masih hidup di tengah-tengah masyarakat.

    Dengan 1.125 jamba yang dibawa bisa dinikmati untuk 5 orang, ini berarti 5.500 lebih warga masyarakat Tanah Datar yang ikut menyaksikan pembukaan Festival Pesona Budaya Minangkabau bisa bersama-sama menikmati makan siang secara adat,”ucap bupati.

Tampak dalam foto sebagian ibu-ibu muda Nagari Batu Taba yang tergabung di Tim Bundo kanduang Nagari Batu Taba,berpose sebelum arak2an di mulai.Kegiatan yang unik ini telah didaftarkan  ke Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk dicatat sebagai pembawa jamba terbanyak yang pernah ada.

 

 

 

Sumber: batutaba-online.blogspot.com

"


Kegiatan Desa Lainnya

Pembangunan Jalan Usaha Tani Rabat Beton di Jorong Baringin Nagari Batu Taba

Tanggal : 17 Feb 2018 03:46 Wib

Penggunaan Dana Desa untuk pembangunan Jalan Rabat Beton dalam masa Pejabat Wali Nagari terpilih,Destriyanto

Pencairan PKH Awal 2018

Tanggal : 15 Feb 2018 01:42 Wib

Pencairan Dana Pkh di Nagari Batu Taba dan di Nagari Guguak Malalo.

Ikbal Sakato Pulang Basamo

Tanggal : 05 Feb 2018 01:30 Wib

Agenda Perantau dari Nagari Batu Taba Pulang Basamo

Visi dan Misi Calon Anggota BPRN Batu Taba

Tanggal : 02 Feb 2018 00:06 Wib

Penyampaian Visi dan Misi Calon Anggota BPRN Batu Taba

Mengikuti Acara 1000 Wakaf Hafiz di Batusangkar (23-10-2017)

Tanggal : 27 Oct 2017 00:00 Wib

Mengikuti Acara 1000 Wakaf Hafiz di Batusangkar